Wisata Pulau Lutong

Objek Wisata Pulau Lutong
Objek Wisata Pulau Lutong

Objek Wisata Pulau Lutong yang Wajib Anda Kunjungi

Jika Anda ingin berlibur ke Belitung maka objek wisata Pulau Lutong adalah salah satu pilihan yang tepat. Apalagi sudah menjadi rahasia umum bahwa Belitung merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki pemandangan pantai yang tidak mengecewakan keindahannya. 

Namun sangat disayangkan, Pulau Lutong masih kalah dari Pulau Lengkuas atau Kepayang. Padahal keindahan alamnya tidak perlu diragukan lagi karena memiliki terumbu karang yang bagus sekaligus air pantai jernih. Inilah alasan mengapa Anda harus mempertimbangkan berkunjung ke tempat wisata ini.

Mengenal Seputar Objek Wisata Pulau Lutong

Sebenarnya tempat ini merupakan dua pulau yang menyatu ketika laut surut tetapi terpisah saat air laut pasang. Di kawasan ini ada bisa menikmati keindahan dengan berkeliling. 

Keindahannya semakin lengkap dengan air yang jernih sehingga Anda bisa melihat terumbu karang secara jelas sekaligus ikan-ikan kecil di sekitarnya. Kegiatan yang tidak boleh Anda lewatkan saat datang ke objek wisata Pulau Lutong sudah pasti adalah berenang dan snorkeling. 

Pastinya keindahan pemandangan bawah laut tempat ini tidak kalah dari spot snorkeling lainnya, bahkan memiliki semenanjung pasir yang berada di sisi selatan pulau utama. Luas semenanjung tersebut sekitar setengah lapangan sepak bola yang terdiri dari pasir putih dan air laut jernih. 

Jika berkunjung, Anda akan memulai perjalanan menyusuri pantai sisi barat dari arah semenanjung pasir putih tersebut. Di sini Anda akan bertemu batuan granit yang harus Anda lewati secara perlahan-lahan. 

Dari tempat ini Anda bisa menyeberang ke sisi lain dari pulau ini. Pastinya tempat kedua tidak kalah indah karena sebagian besar memiliki batu granit dan pantai pasir putih. Apabila air laut sedang surut maka kedalamannya hanya sekitar mata kaki sehingga aman saat menyeberang.

Namun saat air laut sedang pasang maka tingginya bisa mencapai dada orang dewasa. Jarak antara kedua pulau ini sebenarnya tidak terlalu jauh yaitu kurang lebih 100 meter. 

Namun untuk berjaga-jaga dari air pasang maka disarankan untuk membawa jaket pelampung. Dengan cara seperti ini maka Anda bisa menghabiskan waktu lebih lama untuk menyeberang di kedua tempat objek wisata Pulau Lutong

Perlu Anda ketahui bahwa luas pulau utama tidak terlalu besar karena hanya mencapai satu setengah kali lapangan sepak bola sementara Pulau kedua kurang lebih setengahnya. 

Keunggulan dan Akses ke Tempat Wisata 

Jika Anda tertarik untuk berkunjung, saat ini banyak layanan paket tour Belitung yang yang bisa dipilih untuk menuju ke tempat wisata ini dengan akses yang mudah. Untuk bisa sampai ke tempat ini sebenarnya tidak sulit karena Anda hanya perlu naik perahu dari Tanjung Kelayang atau pelabuhan nelayan di Tanjung Binga. 

Pulau ini terletak di lepas pantai kampung nelayan Tanjung Binga sehingga bisa menjadi salah satu spot melihat sunset. Salah satu keunggulan yang bisa menjadi alasan mengapa Anda harus berkunjung sudah pasti karena ada pantai pasir putih yang keindahannya memanjakan mata. 

Bahkan objek wisata Pulau Lutong ini masih sepi sehingga cocok untuk melepaskan penat. Dengan kondisi tersebut maka Anda bisa menikmati suasana secara maksimal dan jauh dari hiruk pikuk kota. 

Ditambah lagi kondisi sekitar yang masih sangat alami dan terjaga. Jika teliti maka Anda bisa menemukan batu granit berbentuk kepala lutung di tempat tersebut. 

Sudah pasti pulau ini sangat instagramable sehingga jangan lupa berfoto untuk mengabadikan keindahannya. Dengan kemudahan akses dan berbagai keunggulan ini maka objek wisata Pulau Lutong harus ada di dalam list tempat dikunjungi. 

Keywords: objek wisata Pulau Lutong

Scroll to Top